Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Perbedaan antara UN dan AKM&SK

Berikut seputaran perbedaan antara UN dengan AKM&SK
 
 
 
  1. UN dilaksanakan pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Sedangkan AKM&SK dilaksanakan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.
  2. UN diperuntukkan untuk level siswa kelas akhir. Sedangkan AKM&SK diperuntukkan untuk kelas 5,8, dan 11. Untuk saat ini kelas 9 dan 12 (opsional).
  3. UN subjeknya adalah sensus seluruh siswa. Sedangkan AKM&SK bersifat sensus sekolah, dengan sampel siswa. (Direncanakan untuk tingkat SMP/SMA/SMK berjumlah 45 orang, sementara untuk tingkat SD berjumlah 30 orang).
  4. UN tingkat jenis tesnya "highstake". Sedangkan AKM&SK "lowstake".
  5. UN model soalnya Pilihan Ganda dan Isian Singkat. Isian singkat ini hanya untuk mapel Matematika tingkat SMA dan SMK. Sementara AKM&SK model soalnya berupa Pilihan Ganda, Menjodohkan, Drag&Drop, Highlight, Isian Singkat, Essay, dan soal interaktif.
  6. UN moda pelaksanaannya adalah "Semi Online" (hanya server sekolah yang online terhubung ke server pusat, sementara client terhubung lokal ke server sekolah). Sedangkan AKM&SK moda pelaksanaannya adalah "Full Online" supervised (utama), Semi Online dan Offline (sekolah tertentu).
  7. UN menggunakan metode penilaian CBT (Computer Based Test). Sedangkan AKM&SK menggunakan metode penilaian CAT (Computerized Adaptive Testing) dengan Multi Stage Adaptive Testing (MSAT).
  8. UN menggunakan perangkat spesifikasi minimal antara lain perangkat server sekolah, komputer client, dan Bandwith yang relatif kecil. Sedangkan AKM&SK tidak perlu menggunakan server sekolah, sebab semua komputer client langsung terhubung secara online ke server pusat. Jadi pada AKM satuan pendidikan hanya menyediakan komputer client dengan spesifikasi minimal menggunakan RAM 2 GB, Resolusi 1024 x 768 dan Windows 7 ke atas. Sementara untuk masalah bandwith pada AKM&SK memerlukan bandwith yang lumayan besar. Pada saat ini yang sudah diujicoba dengan menggunakan komputer client sebanyak 50 unit memerlukan bandwith sekitar 20mbps.

Posting Komentar untuk "Seputar Perbedaan antara UN dan AKM&SK"