Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menjalankan CBTSync Web Proktor AKM&SK

Dalam pelaksanaan AKM&SK tidak lagi memerlukan server sekolah untuk memantau atau memproses komputer client peserta ujian. Pada AKM&SK kita cukup menggunakan PC/Laptop standar saja.


Untuk menjalankan CBTSync Web Proktor kita cukup membuka aplikasi web browser yang ada pada PC/Laptop kita. Lalu kita ketikkan alamatnya :
kemudian tekan tombol enter.


Maka akan tampil Home Page dari CBTSync Web Proktor seperti berikut ini :

Selanjutnya ketikkan UserName dan Password masing-masing satuan pendidikan untuk login di halaman CBTSync Web Proktor ini. Biasanya Username dan Password dapat dilihat pada web UBKD dengan login terlebih dahulu.

Setelah login ke CBTSync Web Proktor kita akan melihat halaman Dashboard seperti berikut ini :

Pada halaman Dashboard ini tidak ada pilihan apapun. Halaman ini sudah otomatis terisi.

Selanjutnya bila kita klik Menu Status Tes, maka tampilan halamannya adalah sebagai berikut :

Pada menu Status Tes ini yang mesti kita lakukan adalah mengklik Refresh
Setelah mengklik Refresh maka Token akan muncul pada kotak Token. 
Dan notifikasi Pilih Token – Token berhasil di refresh akan muncul dengan background berwarna hijau.    
Catatan : Token akan berganti dengan interval waktu 15 menit sekali

Selanjutnya Menu Daftar Peserta :

 
Pada Menu Daftar Peserta, kita mesti memastikan bahwa peserta yang akan mengikuti ujian data (nama peserta) sudah sesuai.

Berikutnya menu Kelompok Tes :

Pada menu Kelompok Tes akan tampil nama-nama peserta ujian, lalu kita klik Assign All kemudian klik Save Changes. Ini dilakukan sebelum peserta ujian melakukan login. 

Lalu Menu Daftar Login Peserta :

Pada halaman Daftar Login Peserta ini, Proktor dapat melihat Peserta Ujian yang sukses melakukan login, dan dapat mengikuti ujian  

Untuk melakukan Reset Login Peserta kita dapat melihat di Menu Request Reset Peserta, tampilannya sebagai berikut :

Pada halaman ini akan terlihat siapa-siapa saja peserta yang meminta untuk direset Usernamenya agar dapat login kembali ke aplikasi exambrowser 

Menu Laporan Individu :

Pada menu Laporan Individu ini Proktor melakukan Download yang berguna untuk mengunduh file peserta ujian yang telah selesai melaksanakan ujian

Menu Foto Peserta Tes :

Pada menu Foto Peserta Tes ini Proktor dapat melakukan upload seluruh file foto peserta ujian agar tampilan pada komputer client masing-masing sesuai username yang diloginkan.

Dan yang terakhir adalah menu Logout.
Menu ini digunakan untuk keluar dari halaman CBTSync Web Proktor.

Demikian tutorial CBTSync Web Proktor ini. Tampilan-tampilan ini di dapat pada kegiatan Pelatihan Simulasi Skala Besar UBKD 2020 pada tanggal 10 September 2020. Ini hanya gambaran tampilan menunya saja. Sebab tampilan bisa saja berubah-ubah sesuai request yang direspon oleh developer CBTSync Web Proktor. Karena bila dilihat dari pelatihan kedua yaitu Simulasi Skala Kecil UBKD 2020 tampilannya tidak seperti ini, menu-menunya masih sedikit (belum ada menu Daftar Tes, Kelompok Tes, dan Foto Peserta Tes). Kita tunggu saja final tampilannya seperti apa nantinya. Tetapi secara umum tutorial ini sudah menjelaskan bagaimana caranya untuk proktor dalam menjalankan CBTSync Web Proktornya. Terima kasih semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Tutorial Menjalankan CBTSync Web Proktor AKM&SK"


  1. Dalm melakukan AKM&SK tdk prlu lgi k sklh guru hnya tnggal mmmengawas komputer peserta ujian
    Untu menjalankan CBTSync tnggal nembuka web aplikasi web browser lalu isi bio data peserta ujian dan yg trakhir melogout nya

    BalasHapus