Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringkat Indonesia pada PISA tahun 2018

CARA PENILAIAN PISA

  • Studi PISA dilaksanakan di sekolah-sekolah yang dipilih melalui metode sampling yang sahih. Pada PISA 2018 terpilih 400 sekolah sampel di Indonesia
  • Peserta studi PISA adalah siswa usia 15 tahun dari sekolah sampel. Siswa tersebut dipilih secara acak untuk memastikan hasil penilaian yang tidak bias. Di Indonesia siswa sampel PISA tersebar di SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK yang duduk di kelas 7 sampai kelas 12. 
  • Studi PISA mengukur kompetensi yang dibutuhkan untuk kecakapan hidup. Pada PISA  2018, Indonesia berpartisipasi pada pengukuran literasi membaca, matematika, sains, keuangan, serta kompetensi global.
  • Studi PISA tidak hanya melaporkan hasil capaian literasi setiap negara, namun juga informasi mengenai aspek demografi, kebiasaan, persepsi, serta aspirasi yang diperoleh dari data respon angket sekolah dan siswa.
Peringkat Indonesia pada PISA 2018 berada di posisi 74 dari 79 negara yang berpartisipasi pada tahun tersebut. 
 
Berikut hasil PISA 2018
 






 
Disparitas Mutu
 


Bila berkaca dari data ini, tentu masih banyak Pekerjaan Rumah kita untuk memperbaiki peringkat kita. Hal ini membutuhkan kerjasama yang baik antara Pemerintah dan rakyat Indonesia tentunya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara yang kita cintai.

Posting Komentar untuk "Peringkat Indonesia pada PISA tahun 2018"